Jumat, 10 Agustus 2012

KKN (Kuliah, Kerja, Ngapain lagi yaaaa??)

Tanggal 10 agustus kemaren, gue baru aja nyelesein tugas dari kampus buat ikut yang namanya KKN (Kuliah Kerja Nyata). Ini adalah sebuah program yang dirancamg oleh pihak kampus dengan sedemikian rupa (biar bisa korupsi) dimana gue, dan teman teman seangkatan gue di semua fakultas dikirim ke sebuah desa antah berantah selama 40 hari dengan tujuan mulia memberikan pengalaman kepada mahasiswanya bahwa hidup ini keras, kejam, dan menyedihkan. Kegiatan ini mengharuskan mahasiswanya buat punya kelompok dari fakultas atau jurusan yang berbeda. Dan inilah kelompok sesat gue:



Pada awalnya kelompok gue 14 orang, tapi berhubung ada 1 orang yang kena serangan diare akut dan gak bisa tinggal di desa yang jarak jamban dan kamarnya lebih dari 20 meter dan masih menggunakan cara primitif (WC cemplung) akhirnya kawan gue yang satu ini menyerah, lambai tangan ke kamera dan pergi meninggalkan 13 orang lainnya.

jadi 13 orang

Setelah kepergian kawan gue yang hobby boker itu, dimulailah petualangan kelompok sesat ini disebuah desa antah berantah bernama Bandar Agung, tepatnya di sebelah timur provinsi Lampung, tetanggaan sama Texas. FYI, ini adalah sebuah desa dimana setiap orang baru yang dateng diharuskan mengucapkan sebuah kata ajaib”Monggo” sambil senyum maksa. Ini adalah sebuah desa dimana singkong jadi makanan utama, dan nasi malah dijadiin makanan ternak. Ini adalah sebuah desa dimana petualangan gue dimulai:


 desa yang suram 

Selama 40 hari gue didesa ini banyak hal yang gue lakuin, mulai dari kerja bakti, pengajian, sampe nyabutin bulu ketek pak lurah (biar akrab). Karna gue orangnya multitalented (cailah) gue pun mencoba mengembangkan beberapa profesi dan bakat terpendam didalam diri gue. Dan inilah beberapa profesi yang gue jalani selama gue ber-KKN didesa ini:

1.       Guru Metal

 guru metal dan kawan-kawan 

Sebenernya gue dikasih amanat buat jadi guru bahasa inggris, tapi masalahnya anak disini kebanyakan makan onggok jadi pas gue ajarin bahasa inggris, mereka Cuma bisa mangap terus iler nya banjir kemana-mana. Kadang mereka juga suka lompat-lompat dari meja satu ke meja yang lainya, maklum desa mereka emang deket ama hutan, mungkin waktu kecil mereka dititipin sama ibunya ke orang utan yang tinggal di deket desa mereka. Gue stress dengan keadaan ini, gue galau, tapi untungnya gue pernah diajarin sama dosen sebuah metode pengajaran yang bernama “ Millitary Rock n Roll Method”  sebuah metode yang tegas tapi asik. Dan hasil dari penerapan metode ini adalah : mereka tetep gak ngerti bahasa inggris.
murid yang kebanyakan makan onggok
 (yang sebelah kiri lagi ngelem, yang dibelakang sibuk ngupil)

Pesan: jangan beri makan anak anda onggok. gak tau onggok??  Sama,gue juga gak tau gue cuma asal nulis.
Oiya, orang utan bukanlah babby sitter yang baik.

2.       Ustad sesat
Mau ceramah malah ngumpet dipojokan (grogi abis)

Karna momen gue KKN pas di bulan ramadhan, akhirnya banyak even yang berhubungan dengan budaya islam. Pengajian, tadarus, tarawih, buka bareng, pokoknya banyak lah. Dan kebetulan di SD tempat gue ngajar ada yang namanya Pesantren Kilat. Dan dengan sialnya salah satu guru nyuruh gue jadi pemateri di even itu. Mampus, orang dengan pengetahuan agama kelas teri disuruh ceramah tentang agama?  Bisa pindah agama semua tuh murid2 SD. Buktinya ketika ditanya puasa itu berapa rokaat, gue  gak pernah bisa jawab, (ustad makan maicih juga gak bakal bisa jawab kalo ditanya beginian, yang ada rokaatnya itu sholat, dasar bego lu lang). intinya gue bego masalah agama. Akhirnya gue terpaksa jadi ustad dadakan, atau lebih tepatnya ustad sesat. Seinget gue sih gue sukses ngasih materi ke bocah-bocah SD itu. Tapi gue cuma berharap kalo anak-anak di SD itu gak termotivasi buat bikin agama baru, agama penyembah Jamban.

 ekspresi bocah2 abis gue ceramah.
(belakang: seneng banget,t abis diceramahin ustad chibi-chibi
depan : depresi abis,  dapet ceramah sesat .)

Pesan: kalo punya anak ntar paskecil diajarin ngaji, jangan kayak gue waktu kecil kebanyakan nonton filem india. Jadinya begini nih..


3.       Arsitek Gagal

Menjadi arsitek adalah cita-cita gue sejak kecil,  dulu waktu kecil gue suka gambar gunung dan pemandangan makanya gue punyacita2 jadi arsitek (ya,emang gak nyambung). Dan gue seneng banget ketika Pak RT nyuruh kelompok gue buat bikin Plang Nama Masjid dan Mushola. Kalo kata sebuah iklan rokok yang gue liat di tipi, hidup adalah perjuangan. Gue merasa bahwa ini adalah awal perjuangan gue menyalurkan bakat menjadi arsitek, sebelum bikin masjid, belajar bikin plang namanya dulu deh buat pengalaman dan akhirnya gue pun mengerahkan segenap kemampuan buat bikin plang itu.
Sebenernya di khayalan pak RT plang nama masjid/mushola itu kayak gini:



Tapi karna skill gue amatir dan pas kerja kebanyakan foto-foto narsis jadinya malah begini (jauh dari harapan):



 gaya dulu sebelum bikin plang (penting)

proses bikin plang (sok serius)

pose dulu bareng gadis2 desa biar ganteng


Yah setidaknya guesudah berusaha walaupun pada  akhirnya gue sadar kalo jadi arsitek bukanlah pekerjaan yang tepat buat gue. gue sedih..

Pesan: kalo anda mau jadi arsitek, mulailah dengan belajar menggambar rumah, jangan menggambar gunung kecuali jika anda ingin menjadi pengamat gunung kembar(RE: tetek)


Begitulah sekelumit pengalaman yang gue dapet ketika gue Ber-KKN ria di desa Bandar agung, walaupun banyak kegilaan dan kesesatan yang gue lakuin disana, pada intinya gue belajar banyak hal, gue mencoba menjadi sosok yang berguna bagi masyarakat disana walaupun pada akhirnya berujung pada kekecewaan.
Gue jadi inget satu kalimat, tapi gue lupa siapa yang bilang:

“Lebih baik anda menyesal karna telah mencoba tapi gagal, daripada anda menyesal karna tidak pernah mencobanya sama sekali”

Salam sesat dari ustad Gilang Al-habsy Al-chibi chibi..

3 komentar:

  1. kyaknya si seruu...

    tp bisakan bohong juga

    BalasHapus
  2. huahahaha...ngakak abis baca ini kak gilang..
    mpe pengin nangis saking lucunya. :D

    BalasHapus