Kamis, 26 Juli 2012

Life is (not) a choice


Orang bilang kalo hidup ini adalah pilihan dan gue baru merasakan kalo gue harus menentukan pilihan hidup ketika gue baru aja lulus SMA. Kegalauan tingkat kelurahan melanda diri gue yang masih begitu polos. Gue dihadapkan pada pilihan yang tidak biasa antara memilih untuk masuk universitas atau gue harus terlantar jadi pedagang gorengan dengan wajah yang terlanjur ganteng. Ini masalah serius, gue gak bakal rela kalo hidup gue berakhir di depan penggorengan, sedangkan temen-temen gue merasakan indahnya dunia kampus. Setelah memikirkan perbandingan yang sangat tidak adil ini akhirnya gue pun menentukan sikap dan memilih  untuk kuliah. Bukan, bukan karena gue ingin melanjutkan cita-cita gue tapi karena kata orang anak kuliahan itu “keren”. Yap, dengan mantap dan hati yang kuat gue pun melangkahkan kaki untuk mendaftarkan diri gue ke sebuah universitas, negeri tentunya.

Karena gue polos,atau lebih tepatnya “bego”, gue ternyata melewatkan satu hal penting yang seharusnya dilakukan ketika seorang insan manusia ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal penting yang dengan bodohnya gue lupakan itu adalah 

“Gue mau milih jurusan apa?”. 

Gue kembali galau, kegalauan gue kali ini meningkat ke level universitas, gue mulai keringetan, perut mules, badan gemeteran, susah pup, dan terakhir gue inget tenyata waktu itu gue memang belum makan 3 hari, maklum lah, gue kan hanya seorang anak kost yang makannya cuma hari senen ama kamis doang itupun sekalian ama puasa sunnah (ya, gue terpaksa). 
Kembali lagi ke masalah pilah-pilih jurusan, akhirnya daripada bingung, gue pun mutusin buat minta saran dari seorang teman yang namanya gue lupa (mohon maaf buat kamu yang namanya kulupakan, makanya punya nama itu jangan susah-susah, jadi lupa deh).  Gue berharap dia bisa memberikan pencerahan dalam masalah yang melanda diri gue ini. Gue sms dia buat ketemuan, setelah ketemu dan ngobrol beberapa saat sama doi, satu jawaban yang gue dapet dari kawan yang gue lupakan namanya itu adalah :

 “Milih jurusan itu harus disesuaikan dengan minat dan bakat yang lo punya lang”.


Gue inget banget kata-kata ini karena waktu itu dia ngomong sambil ngemilin upil, FYI, karena pada saat yang bersamaan gue lagi laper belum makan tiga hari,gue pun mencoba juga buat ikutan ngemilin upil, upil gue sendiri tentunya, abisnya kawan gue pelit sih gak mau bagi upil punya dia. Pada saat itulah gue menemukan bahwa ternyata upil bukanlah makanan atau lebih tepatnya “kotoran” yang pantas untuk dijadikan cemilan. Kering, lengket, hijau kehitaman, menjijikan dan asin, yah.. begitulah upil.

Balik lagi ke urusan kuliah, besoknya dengan bermodal kalimat wejangan yang gue dapet dari kawan gue itulah gue mulai membuat sebuah daftar dengan jujur dan blak-blakan :

 “Milih jurusan itu harus disesuaikan dengan minat dan bakat yang lo punya lang”.
Gue inget banget kata-kata ini karena waktu itu dia ngomong sambil ngemilin upil, FYI, karena pada saat yang bersamaan gue lagi laper belum makan tiga hari,gue pun mencoba juga buat ikutan ngemilin upil, upil gue sendiri tentunya, abisnya kawan gue pelit sih gak mau bagi upil punya dia. Pada saat itulah gue menemukan bahwa ternyata upil bukanlah makanan atau lebih tepatnya “kotoran” yang pantas untuk dijadikan cemilan. Kering, lengket, hijau kehitaman, menjijikan dan asin, yah.. begitulah upil.
Balik lagi ke urusan kuliah, besoknya dengan bermodal kalimat wejangan yang gue dapet dari kawan gue itulah gue mulai membuat sebuah daftar dengan jujur dan blak-blakan :

DAFTAR MINAT DAN BAKAT
NAMA :Gilang Jaka Pramana
UMUR: 18 Tahun Lebih 3 hari 12 jam 30 detik.
HOBBY: Menggambar, Nonton bokep, Tidur, Ngupil (kadang-kadang)
MINAT: Musik dan Olah raga.
BAKAT: Masih terpendam.

Gue baca daftar yang gue bikin ini berulang-ulang, entah karena gue kebanyakan makan upil atau emang otak gue yang terlanjur bego, gue tetep gak bisa nemuin jurusan apa yang bisa sesuai dengan minat dan bakat yang gue punya, gue sempet berfikir mungkin minat dan bakat gue terlalu banyak, akhirnya gue pun mencoba buat mix and match minat dan bakat gue dan hasilnya gue tuangkan dalam sebuah tabel untuk menganalisa kira-kira jurusan apa yang cocok buat gue, and here the table is:


Minat dan Bakat
Jurusan yang cocok
Menggambar + nonton bokep
Menggambar + tidur
Nonton Bokep + tidur
Nonton bokep + olah raga
Nonton bokep + tidur + senam Lantai + olah raga + music
Teknik arsitektur bentuk tubuh (emang ada?)
Seni melukis mimpi (emang bisa?)
Pendidikan Mimpi Basah (mulai aneh)
*Gue mulai gak tega buat nulisnya*
*Ngasah golok, ngunyah menyan, siap-siap mau ngebunuh kawan gue itu*.

Fak men!, ternyata ini gak semudah membalikan telapak tangan, nentuin jurusan yang cocok buat kita ternyata lebih menguras keringat daripada ngupil pake jempol kaki, sambil maen gitar dengan posisi kayang. Omongan temen gue yang semula gue anggep bakal menuntun gue kejalan yang lurus, malah menjerumuskan gue kedalam jurang kesesatan yang….sesat abis!. Buat lo yang namanya gue lupakan:

You said you are my friend? No, you are shit man!!

Tapi, perjuangan gue gak berenti sampe disitu, gue gak mau berenti cuma gara-gara perkataan seonggok teman (ya, dia bukan manusia, sekarang gue anggap dia itu sebagai tokai) yang udah bikin gue nge-down. Gue masih belum siap untuk mangkal di perempatan dengan menyandang titel “abang gorengan”, gue harus bisa milih jurusan, bagaimanapun caranya. 

Gue baca lagi daftar minat dan bakat yang gue tulis sebelumnya, gue berfikir keras, sekeras beha baru yang masih kaku dan akhirnya gue pun mutusin buat milih jurusan sesuai dengan bakat gue yang paling normal dan berprikemanusiaan, yaitu “menggambar”. Walaupun gue sadar kalo skill  menggambar gue gak lebih hebat dari simpase yang berkeliaran diragunan, setidaknya itulah hal paling positif yang bisa gue lakukan.

Finally, gua pun mulai ngisi formulir pendaftaran yang udah gue dapet sehari sebelumnya, gue inget banget gue duduk dipinggiran trotoar sebuah bank, walaupun keadaan sekitar lumayan rame, gue mencoba untuk tenang, pelan-pelan gue lingikerin pilihan-pilihan yang ada dikertas itu dengan pensil 2B sambil sesekali merhatiin mbak-mbak yang lewat dan berharap bisa menemukan 36B, lumayan bisa buat cuci mata. 
Tapi ajaibnya, entah kenapa pas gue udah sampe kolom pemilihan jurusan, satu-satunya jurusan yang gue lingkerin adalah “PETERNAKAN”. Mungkin ini karena gue terlalu fokus merhatiin banyaknya tetek yang lewat jadinya yang ada diotak gue cuma “susu, susu, dan susu”.

Gue sadar, gue memang bego, gue kebanyakan nonton bokep sebelum gue akil baligh ditambah lagi gue kebanyakan ngemilin upil. Gue gak pernah tau kalo jurusan peternakan itu kerjaanya ngurusin sapi bunting, bersihin tokainya dan yang paling ekstrim mengacak-ngacak liang peranakannya, ini jelas banget gak ada hubungannya dengan menggambar. 
Gue sempet pengen gantung diri, tapi setelah gue menyadari kalo korban gantung diri itu mukanya bakalan jelek banget, lebih jelek daripada andika kangen band diperkosa babi hutan, gue pun mengurungkan niat gue untuk mengakhiri hidup ditiang gantungan. Kalaupun gue harus bunuh diri, setidaknya gue pengen mati dalam keadaan wajah yang imut.

Gue mengaku salah, gue sedih, gue nyari shower tapi gue sadar kalo dikosan gue gak ada showernya.
Gue pergi ke WC, gue cuma bisa nemuin jamban, gue nangis diatasnya, ngenyotin sunlight, sambil nutup idung nahan bau jamban yang bisa bikin gue sesak napas akut, dan menyimpan sebuah pertanyaan yang lumayan besar: “Tuhan apakah hidupku akan berakhir di hadapan penggorengan?”. Tuhan, ambil saja nyawaku…

Dari pengalaman gue yang sangat random ini, gue belajar banyak hal. Mungkin bener kata orang kalo hidup adalah pilihan tapi seharusnya kita sadar ketika kita akan menentukan sebuah pilihan,kita harus melakukan banyak pertimbangan apalagi itu berhubungan dengan masa depan kita. 
Layaknya ketika lo mau jalan sama gebetan atau pacar, lo harus memilih pakaian mana yang pas, cocok, dan pantes buat lo pake. Seandainya lo mau pergi ke kondangan, tentunya lo harus pake pakaian rapi, celana bahan dan sepatu pantofel. Lain halnya ketika lo mau pergi berenang, cukup dengan sehelai kancut, lo bisa berenang dengan riang gembira menyelam seperti lumba-lumba. 
Tapi apa yang terjadi ketika lo salah menentukan pilihan, misalnya lo pergi berenang dengan pakaian rapi, lengkap dengan celana bahan dan pantofel, atau lo pergi kekondangan cuma dengan sehelai kancut yang membalut selangkangan, lo gak cuma bakalan terlihat bodoh, tapi mungkin lo juga bakal berakhir babak belur di-bully tamu undangan, dijadiin babi guling, atau yang paling ekstrim diserang homo-homo yang kehausan kasih sayang sesama jenis. Mengerikan bukan?

Sama mengerikannya ketika gue milih jurusan peternakan, walaupun pada akhirnya gue diterima di jurusan itu, gue ngerasa kalo gue memilih baju yang salah, gue terlihat bodoh, bahkan sangat bodoh ketika gue mulai kuliah di jurusan ini, gue tidak merasakan ke-keren-an yang jadi alasan utama gue untuk kuliah. Gue harus puas dapet IP yang bisa bikin orangtua gue nangis, bahkan boker darah kalo ngeliatnya. Gue depresi, badan gue kurus, gue merasakan tekanan batin yang dalem, mungkin karna saking dalemnya, gue bisa  nampung boker gue selama setahun disitu (maaf, gue lebay).

Tapi, pada ada akhirnya gue sadar, gue udah milih alasan yang tidak tepat ketika gue menentukan pilihan untuk kuliah pertama kali. Kuliah itu terlalu rumit, mahal, dan butuh perjuangan keras, kalo kita cuma sekadar mau mencari satu kata “keren” , kuliah punya makna yang lebih dalem lagi, lagi dan lagi. Gue merasa berdosa, gue gak mau kalo orang tua gue gak mau nganggep gue sebagai anaknya lagi cuma karena IP gue yang NASAKOM (nasib satu koma). 
Gue pun memutuskan untuk berhenti kuliah dan ikut tes SNMPTN ditaun berikutnya. Yap, ini adalah keputusan terbesar dalam sejarah perjalanan hidup gue, gue harus lulus tes dijurusan yang tepat atau gue gak bakalan makan bangku kuliah sama sekali (kecuali kalo bangku kuliah bisa jadi sumber bahan makanan alternatif). Gue bekerja keras untuk mewujudkan pilihan gue itu, gue belajar dan berdoa karena gue gak mau jatoh dilubang yang sama, apalagi jatuh dilubang yang berbeda, gue mau sukses!

Di ending tulisan ini, gue pengen sedikit merubah tentang apa yang orang bilang kalo hidup ini adalah pilihan, menurut gue hidup bukan cuma sekedar memilih ataupun dipilih, ada yang lebih penting dari proses itu, yaitu tanggung jawab. Ya. Hidup adalah tanggung jawab, kita harus bertanggung jawab dengan apa yang kita pilih. Setidaknya sampai saat ini, rasa tanggung jawab lah yang membuat gue bertahan di jurusan yang gue pilih “PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS” gue ngerasa nyaman, gue ngerasa udah pake baju yang pas, gue bersyukur karna tuhan masih ngasih kesempatan kedua buat gue dalam menentukan masa depan. Tuhan emang selalu punya cara yang asik buat bikin hidup kita berwarna, bagaimanapun caranya yang seharusnya kita sadari adalah “god knows the best for us”.

Absolutely, Tuhan pasti tau yang terbaik buat kita, dan kewajiban kita sebagai umatnya adalah bersyukur dengan apa yang udah kita dapet. Sekarang gue bersyukur dengan apa yang udah gue dapet, gue gak mau ngecewain orang tua gue lagi, gue gak mau menyia-nyiakan masa depan, apalagi membiarkan diri gue terlihat bodoh dimata orang cuma untuk mengejar satu kata “keren”. Lo bakalan keren kalo lo bisa bertanggung jawab dengan pilihan lo.

So, be responsible with your choice buddy!!

Because your life, is not in her big breast but in your big brain. yeah, big brain!! 
 Salam kuper! 





3 komentar:

  1. sebuah kegeliaan yang inspiratif....
    salam salut dariku kak gilang ^^

    BalasHapus
  2. wah, makasih dek vera..
    sangat memotivasi..

    di follow juga dong blognya..
    hehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhu~ ka
      apa kabar?
      hehehe.. maaf baru bales...
      oyi2,, ntar difollow

      Hapus